Text
KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN PADA PASIEN DI RUANG MELATI RSUD BANGIL.
Kepuasan pasien menjadi tanggungjawab pihak pelayanan kesehatan. Fasilitas dan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan harapan pasien, tidak menutup kemungkinan pasien tersebut akan selalu datang dan berobat pada layanan kesehatan tersebut. Ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh faktor komunikasi terapeutik perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Melati RSUD Bangil Pasuruan.
Desain penelitian adalah penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya semua pasien di RSUD Bangil sejumlah 60 pasien. Tehnik sampling menggunakan simple ramdom sampling dengan sampel sebagian respondenberjumlah 52 responden. Variabel independen komunikasiterapeutik dan variabel dependennya kepuasanpasien. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan pengolahan data editing, coding, entry data dan tabulating dan analisa data menggunakan uji rank spearman.
Hasil penelitian komunikasi terapeutik didapatkan hasil (23,1%) baik berjumlah 12 responden, (30,8%) cukup berjumlah 16 pasien, (46,1%) kurang berjumlah 24 pasien. Tingkat kepuasanpasien didapatkan hasil (19,2%) tinggi berjumlah 10 pasien, (28,9%) sedang berjumlah 15 pasien, (51,9%) rendah berjumlah 27 pasien. Hasil uji statisstik rank spearman diperoleh angka signifikan atau angka p = 0,000 < α (0.05), sehingga H1 diterima.
Kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien diruang Melati RSUD Bangil.
Kata Kunci :Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien
ABSTRACTION
CORRELATION OF THERAPEUTIC COMMUNICATIONS WITH LEVEL OF PATIENT SATISFACATION
(in Melati Rom of RSUD Bangil, Pasuruan)
By:
Ayun Reni Astutik, Inayatur Rosyidah
Imam Fatoni
Patient satisfaction is the responsibility of the health services. Thehealth facilities and services that are in line with patient expectations, do not rule out the patient will always come and seek treatment at the health service. Patient dissatisfaction with health services one of them is influenced by the therapeutic communication factor of nurses in providing nursing care. The purpose of this study was to determine the corelation of therapeutic communication with the level of satisfaction of patients in the Melati room of RSUD Bangil Pasuruan.
The research design was correlational research with cross sectional approach. The population is all patients in Bangil Hospital with 60 patients. The sampling technique uses simple random sampling with a sample of 52 respondents. The Independent variables is therapeutic communication and dependent variable islevel of satisfaction of patient. The research instrument used a questionnaire with data processing editing, coding, data entry and tabulating and analyzing data using Spearman rank test.
The results of therapeutic communication research showed that there were (23.1%) good numbers of 12 respondents, (30.8%) enough number of 16 patients, (46.1%) less 24 patients. The level of patient satisfaction was obtained (19.2%) high number of 10 patients, (28.9%) medium 15 patients, (51.9%) low 27 patients. Spearman rank static test results obtained significant numbers or numbers p = 0,000
Tidak tersedia versi lain