CD-ROM
HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN (Studi Di BP Umum Puskesmas Modopuro Kecamatan Mojosari Mojokerto)
Mutu pelayanan keperawatan merupakan faktor yang paling penting untuk membentuk kepercayaan pelanggan atau pasien kepada layanan kesehatan sehingga tercipta loyalitas mereka. Kepuasan pasien akan terpenuhi bila pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan harapan mereka.Tujuan penelitian adalahmengetahui hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di Balai Pengobatan Umum Puskesmas Modopuro Mojokerto.
Desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya seluruh pasien yang berobat di balai pengobatan umum Puskesmas Modopuro hingga didapatkan sampel sebanyak 81 orang yang diambil dengan purposive sampling. Variabel independennya mutu pelayanan keperawatan dan variabel dependennya kepuasan pasien. Data diambil dengan menggunakan kuesioner. Setelah terkumpul dilakukan pengolahan data dengancaracoding, scoring, tabulasidan dilanjutkan dengan uji statistik Spearman’s Rho dengan bantuan SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian variabel mutu pelayanan keperawatan menunjukkan bahwa dari 81 responden yang menyatakan mutu pelayanan keperawatan baik sebanyak 60 responden dan 21 responden menyatakan tidak baik. Sedangkan variabel kepuasan pasien sebanyak 35 responden menyatakan sangat puas, 22 responden puas, 17 responden menyatakan kurang puas dan 7 responden yang menyatakan tidak puas. Hasil uji korelasi Spearmen’s Rho menunjukkan ρ (0,000) < α (0,005) maka H0 ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di balai pengobatan umum Puskesmas Modopuro Kecamatan Mojosari Mojokerto.
Kata kunci: Mutu pelayanan keperawatan, Kepuasan pasien, Balai pengobatan umum puskesmas
Tidak tersedia versi lain