CD-ROM
PENGARUH TERAPI BERMAIN (AKTIVITAS MEWARNAI) TERHADAP TINGKAT STRESS HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) DI RUANG ANAK RS DR. WAHIDIN SUDIRO HUSODO [74] KOTA MOJOKERTO
Salah satu tindakan untuk mengurangi stress pada anak yaitu diberikan terapi
bermain. Terapi bermain yang diberikan selama ini hanya sebatas permainan dengan
[0]
balok atau lego, tetapi hal tersebut tidak mengurangi rasa takut yang dialami anak,
karena tidak semua anak menyukai permainan tersebut sehingga masih banyak yang
mengalami stress karena hospitalisasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh
[0]
terapi bermain mewarnai terhadap tingkat stress hospitalisasi pada anak usia pra sekolah
(3-6 tahun)
Desain penelitian ini pra eksperimen dengan type one group pre post test design.
Variabel penelitian yaitu terapi bermain (aktivitas mewarnai) dan tingkat stress
hospitalisasi. Populasi penelitian yaitu semua anak usia pra sekolah (3-6 tahun) yang
[0]
menjalani perawatan di Ruang Anak RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota
[0]
Mojokerto. Sampel diambil dengan teknik sebanyak 58 simple random sampling
[0]
responden. Data dikumpulkan dengan lembar observasi dan diuji dengan uji Wilcoxon.
[15]
Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan jumlah responden dari
[0]
kategori sedang sebelum pemberian tindakan mewarnai sebanyak 25 responden dan
setelah diberikan tindakan mewarnai seluruh responden mengalami stress hospitalisasi
dalam kategori sedang. Hasil uji wilcoxon diperoleh 0 data ρ = 0,00 dan α = 0,05
[0]
sehingga diterima. ρ α maka H1
Terdapat pengaruh aktivitas mewarnai terhadap penurunan stress hospitalisasi
[0]
pada anak usia prasekolah. Kegiatan bermain mewarnai gambar yang diberikan dapat
[0]
membantu anak dalam mengurangi stress akibat hospitalisasi yang diterima dimana
dengan bermain anak dapat mengekspresikan apa yang dialami sehingga mereka dapat
melupakan rasa nyeri dan perasaan tertekan yang dialami.
Kata Kunci : Terapi Bermain, Stress Hospitalisasi, Anak Usia Prasekolah
Tidak tersedia versi lain