CD-ROM
HUBUNGAN PELAKSANAAN STRATEGI DOTS (DIRECTLY OBSERVED TREATMENT SHORT-COURSE) DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PADA KLIEN TUBERKULOSIS PARU Di Puskesmas Balongpangang Gresik
Tuberkulosis (TB) paru merupakan masalah kesehatan masyarakat yang menimbulkan kesakitan, kecacatan, dan kematian yang tinggi di Indonesia. Di Puskesmas Balongpanggang Gresik Penderita TB paru pada tahun 2016 sebanyak 40 kasus, dan tahun 2017 sebanyak 56 kasus. Upaya penanggulangan TB Paru adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui pelaksanaan strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short-Course). Untuk tercapainya tujuan tersebut Puskesmas sebagai pelaksana program penanggulangan TB Paru di masyarakat perlu melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada penderita TB Paru dengan cara mengukur atau menilai kepuasan penderita TB Paru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan strategi DOTS dengan tingkat kepuasan pelayanan pada klien Tuberkulosis Paru di Puskesmas Balongpanggang Gresik tahun 2018.
Desain penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi adalah 30 klien TB Paru yang sedang menjalankan program pengobatan di Puskesmas Balongpanggang Gresik. Dalam pengambilan sampel teknik yang digunakan adalah teknik total sampling dan untuk pengambilan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. yang terdiri dari data demografi responden dan kepuasan klien TB Paru tentang pelaksanaan strategi DOTS di Puskesmas Balongpanggang Gresik. Teknik analisa data menggunakan uji Spearman rank’s untuk menganalisa hubungan antara variabel pelaksanaan DOTS dan kepuasan klien dengan menggunakan tingkat signifikan α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar yaitu 56,7% pelaksanaan strategi DOTS dalam kategori baik dan kepuasan klien dalam kategori memuaskan. Uji Spearman rank’s dari kedua variabel didapatkan nilai ρ = 0,01.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pelaksanaan DOTS dengan kepuasan klien di Puskesmas Balongpanggang tahun 2018.
Kata kunci : Pelaksanaan strategi DOTS, Kepuasan klien.
Tidak tersedia versi lain