CD-ROM
PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PADA ANAK USIA PRE SCHOOL (4-6 TAHUN) Penelitian pra experimental (one group pra test – post test design) Di TK Tunas Harapan Desa Ngorogunung
Timbulnya perilaku sehat didasari pada pemahaman kesehatan yang berasal
dari pendidikan. Pendidikan kesehatan merupakan bentuk intervensi terutama
terhadap faktor perilaku. Sehingga pendidikan kesehatan sangat diperlukan
terutama di lingkungan sekolah mengingat tujuan akhir dari pendidikan kesehatan
adalah agar anak-anak dapat mempraktekkan cara berperilaku hidup sehat seperti
cara berperilaku cuci tangan yang benar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan
kesehatan terhadap perilaku cuci tangan pada anak usia pre school (4-6 tahun).
Desain penelitian ini dengan menggunakan “ Pra experimental “ (One
Group Pra Test – Post Test Design ). Sampel penelitian ini adalah semua anak
usia pre school (4-6 tahun) di TK Tunas Harapan Desa Ngorogunung. Teknik
samplingnya secara total sampling dengan responden sebanyak 52 responden
yang memenuhi kriteria sampel, dimana semua responden digunakan sebagai
subyek penelitian. Variabel independen pendidikan kesehatan dan variabel
dependennya perilaku cuci tangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan
instrumen observasi sebelum dan sesudah pemberian “ Pendidikaan Kesehatan ”.
Cara menganalisanya dengan menggunakan “Uji Wilcoxon “ dengan tingkat
signifikan P < 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku cuci tangan sebelum dan
sesudah diberikan pendidikan kesehatan pada subyek tingkat signifikansinya
adalah P = 0,000.
Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan kesehatan
terhadap perilaku cuci tangan. Itu berarti pemberian pendidikan kesehatan adalah
salah satu teknik tambahan untuk memperbaiki perilaku cuci tangan pada anak
usia pre school (4-6 tahun) menjadi lebih baik.
Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Perilaku Cuci Tangan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain