CD-ROM
HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO
Baik buruknya mutu pelayanan keperawatan dapat dilihat melalui indikator kepuasan pasien, keselamatan pasien, perawatan diri, kenyamanan pasien, kecemasan, dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Trucuk Kabupaten Bojonegoro.
Desain penelitian adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya seluruh pasien yang berkunjung ke instalasi rawat jalan Puskesmas Trucuk, yaitu berjumlah 58 orang, dan sampelnya sebanyak 50 orang. Sampling yang digunakan simple random sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan kuesioner. Selanjutnya data ditabulasi dan dianalisis menggunakan uji statistik spearman rho dengan tingkat kemaknaan 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang menyatakan mutu pelayanan keperawatan pasien rawat jalan adalah cukup sebagian besar tingkat kepuasaannya sedang terhadap pelayanan keperawatan yaitu sebanyak 14 orang (82,4%). Dari hasil uji statistik spearman rho didapatkan hasil sig (2-tailed) 0,000 dan signifikan p ≤ 0,05 maka, sehingga H1 diterima yang berarti ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat jalan, dengan tingkat keeratan sangat kuat (r = 0,831).
Melihat hasil penelitian ini, perawat diharapkan lebih meningkatkan kinerja dengan memperhatikan aspek dimensi mutu pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati perawat khususnya dalam memberikan informasi terkait dengan kondisi pasien dan memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan, Pasien Rawat Jalan.
Tidak tersedia versi lain