CD-ROM
HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN KLIEN Di RUANG BEDAH RSUD dr.R SOSODORO DJATIKOESOEMO BOJONEGORO TAHUN 2018
Kepuasan pasien merupakan hal penting dalam pelayanan keperawatan karena kepuasan pasien merupakan salah satu perspektif mikro standart pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas. Salah satu indikator mutu pelayanan (service quality) adalah kemampuan perawat berkomunikasi dan bersikap pada saat melakukan pelayanan yang langsung ditujukan kepada pasien, sehingga hal ini merupakan bagian penting dalam service quality. Fenomena yang terjadi di ruang Bedah dengan kapasitas tempat tidur yag banyak meningkatkan resiko komplain terhadap kepuasan pasien. Dari beberapa laporan didapatkan hasil bahwa beberapa pasien mengeluh belum cukup puas dengan pelayanan di ruang Bedah yang berhubungan dengan sistem komunikasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Klien di Ruang Bedah RSUD dr.R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.
Desain dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat dank lien di Ruang Bedah dengan jumlah klien 50, sampel dalam penelitian ini klien diambil dengan teknik consecutive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan chek list. Teknik pengolahan data memakai editing, scoring, koding dan tabulating, sedangkan analisis data menggunakan uji statistik rank spearman rho dan diolah memakai perangat SPSS 16 for windows.
Hasil penelitian adalah lebih dari sebagian responden (56 %) melakukan komunikasi teraupetik cukup, lebih dari sebagian responden (58 %) menunjukkan puas. Ada hubungan antara komunikasi teraupetik perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di Ruang Bedah RSUD Dr.R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro dengan p value 0.036 (
Tidak tersedia versi lain