CD-ROM
Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Ruang Jayanegara RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto.
Perkembangan zaman yang semakin kompetitif di lingkungan rumah sakit dan perubahan standart hidup masyarakat akan kesehatan telah mengubah pola pikir mereka dalam memilih dan memberikan penilaian terhadap baik tidaknya kualitas pelayanan rumah sakit. Tingginya tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan menciptakan persaingan antar rumah sakit swasta maupun pemerintah untuk lebih profesional dalam memberikan pelayanan yang berkualitas, khususnya pelayanan keperawatan. Pelayanan keperawatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan, dijaga dan ditingkatkan kualitasnya sesuai dengan standar pelayanan keperawatan yang berlaku, sehingga masyarakat selaku konsumen dapat merasakan pelayanan keperawatan yang berkualitas dan memuaskan (Asmuji, 2011). Namun pada prakteknya diruang perawatan masih saja ditemukan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan keperawatan profesional, perawat sering dianggap lamban dalam bertindak, kurang perhatian terhadap pasien, perawat tidak ramah dan kurang memberikan informasi. Tujuannya Mengidentifikasi Hubungan Kinerja Perawat dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan di Ruang Jayanegara RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelatif dengan menggunakan desain cross sectional yaitu data variabel independendan dependen diambil dalam waktu yang bersamaan, hanya satu kali (Nursalam, 2011). Penelitian ini menganalisis hubungan kinerja perawat dengan kualitas pelayanan keperawatan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa dari 42 responden sebanyak 22 orang perawat mempunyai kinerja baik dan sebanyak 22 responden (91.7%) menyatakan kualitas pelayanan keperawatan baik, adapun 2 responden (8,3%) menyatakan kualitas pelayanan keperawatan cukup, sementara 3 responden yang mempunyai kinerja kurang, seluruhnya 3 responden (100%) menyatakan kualitas pelayanan keperawatan kurang. Kesimpulannya Kinerja Perawat dan Kualitas Pelayanan Keperawatan di Ruang Jayanegara RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto sebagian besar baik. Saran Khususnya perawat diruang Jayanegara untuk selalu berupaya meningkatkan kemampuannya dalam hal pengkajian dan evaluasi asuhan keperawatan melalui seminar-seminar keperawatan, selain itu perawat harus terlibat langsung dalam menjaga kebersihan ruang perawatan serta mampu menciptakan suasana ruang perawatan tenang dan kondusif.
Kata Kunci : Kinerja, Perawat ,Pelayanan.
Tidak tersedia versi lain