Text
HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN BALITA USIA 1-5 TAHUN (Di Posyandu Dempok Utara Kecamatan Diwek Jombang)
Pendahuluan: Perkembangan merupakan suatu proses kematangan fungsi tubuh anak yang berkaitan dengan social emosional, motorik kasar, motorik halus, dan berbahasa anak. Anak balita usia 1-5 tahun merupakan situasi usia yang sangat mempengaruhi perkembangan anak serta kualitas anak ke periode selanjutnya. Tujuan: Tujuan penelitian, adalah mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan balita usia 1-5 tahun di Posyandu Dempok Utara Kecamatan Diwek Jombang. Metode: Variabel dalam penelitian adalah variabel independen startus gizi balita usia 1-5 tahun dan variabel dependen perkembangan balita usia 1-5 tahun jenis penelitian menggunakan analitik kolerasional dengan desain cross sectional, dengan populasi sebanyak 125 balita dan orang tua dengan sampel 95 balita dan orang tua dengan teknik probability sampling, pengambilan sampel secara simple random sampling dengan instrument penelitian meggunakan timbangan berat badan dan dengan kuisioner praskrining perkembangan, pengelolahan data editing, coding, scoring, dan tabulating dan uji statistic menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil penelitian diperoleh, status gizi buruk 4 balita (4,2%), gizi kurang 13 balita (13,7%), gizi baik 78 balita (82,1%), perkembangan yang sesuai 76 balita (80,0%), perkembangan yang meragukan 15 (15,8%), perkembangan penyimpangan 4 balita (4,2%). Kesimpulan: Hasil uji chi-square menunjukan signifikasi p= 0,000 ≤ α (0,05), sehingga terdapat hubungan antara status gizi dengan perkembangan balita. Penelitian ini dapat dianalisis, status gizi berhubungan dengan perkembangan balita usia 1-5 tahun. Saran: agar orang tua selalu memberikan stimulasi berbicara pada anak agar tidak mengalami keterlambatan pada bahasa
Kata kunci : perkembangan, status gizi, balita.
Tidak tersedia versi lain