Text
HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN PERAWAT DENGAN KUALITAS PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI (CPPT) (Di Ruang Asoka, Flamboyan dan Mawar RSUD Jombang)
Pendahuluan: Kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan catatan perkembangan pasien terintegrasi adalah karakteristik yang kemampuannya dapat memuaskan kebutuhan dari dokumentasi. Tujuan penelitian: penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pendidikan perawat dengan kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan catatan perkembangan pasien terintegrasi (CPPT). Metode penelitian: Desain penelitian korelasional menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini seluruh perawat di ruang Asoka, Flamboyan dan Mawar berjumlah 100 orang, dengan jumlah sampel 80 menggunakan teknik probability sampling dengan jenis proportional random sampling. Instrument penelitian pada tingkat pendidikan menggunakan angket sementara instrument yang digunakan untuk kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan catatan perkembangan pasien terintegrasi adalah lembar observasi. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, tabulating dan menggunakan uji statistik spearmen rank. Hasil penelitian : Hasil penelitian ini diperoleh hampir seluruhnya pendidikan perawat Diploma 3 sebanyak 60 (75%) responden dan sebagian besar kulitas pendokumentasian asuhan keperawatan catatan perkembangan pasien teintegrasi (CPPT) baik sebanyak 59 (73,8%). Hasil uji statistic menunjukkan bahwa nilai p value 0.024 = p value < α 0,05 maka H1 diterima. Kesimpulan : Kesimpulan ada hubungan tingkat pendidikan perawat dengan kualitas pendokumentasian asuhan catatan perkembangan pasien terintegrasi (CPPT) di Ruang Asoka, Flamboyan dan Mawar RSUD Jombang.
Kata kunci : Tingkat pendidikan Perawat, Kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan, Catatan perkembangan pasien terintegrasi.
Tidak tersedia versi lain