Text
PENGARUH METODE APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTIS SERIBU WARNA KEPANJEN JOMBANG
Gangguan interaksi sosial membuat anak autis terasingkan dengan lingkungannya. Pemberian metode Applied Behaviouir Analysis (ABA) dapat membantu mereka mempelajari keterampilan sosial dasar seperti memperhatikan, mempertahankan kontak mata, dan dapat membantu mengontrol masalah perilaku. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh Metode Applied Behaviouir Analysis (ABA) terhadap kemampuan interaksi sosial anak autis. Desain penelitian menggunakan pra eksperimental one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini semua anak autis yang ada di SLB Autis Seribu Warna Kepanjen, dengan sampel berjumlah 33 anak. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Variable independen metode Applied Behaviouir Analysis (ABA) dan dependen kemampuan interaksi sosial. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Pengolahan data editing, coding, scoring dan tabulating dan analisa menggunakan uji Wilcoxon sign rank test. Hasil penelitian sebelum diberikan metode ABA menunjukkan sebagian besar responden memiliki kriteria kurang (66,7%) dengan jumlah 22, setelah diberikan metode ABA menunjukkan hampir seluruh responden dengan kategori cukup (81,8) dengan jumlah 27 responden. Hasil uji statistik dengan metode uji wilcoxon didapatkan hasil nilai p sebesar 0,000 < α=0,05 sehingga H1 diterima. Kemampuan interaksi sosial setelah dilakukan metode ABA menunjukkan. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh metode Applied Behaviour Analysis (ABA) terhadap Kemampuan interaksi sosial anak autis di SLB Autis Seribu Warna Kepanjen Kabupaten Jombang.
Kata Kunci : Interaksi Sosial, Metode Applied Behaviour Analysis, Anak Autis
Tidak tersedia versi lain