Text
PERMAINAN ORIGAMI TERHADAP PERKEMBANGAN PADA ANAK (STUDY DI TK RA PERWARIDA DI DESA PERAK KABUPATEN JOMBANG)
Perkembangan pada anak usia dini perlu dilakuan latihan dasar untuk menstimulasi dan mendukung tumbuh kembang pada anak. Aspek perkembangan yang harus dikembangkan sejak usia dini dengan meningkatkan perkembangan motorik halus, motorik kasar, bahasa, dan sosialisasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh permainan origami terhadap perkembangan pada anak di TK RA Perwarida di Desa Perak Kabupaten Jombang.
Desain penelitian ini adalah analitik menggunakan pra eksperiment dengan one grup pre post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK RA Perwarida di Desa Perak Kabupaten Jombang sebesar 43 responden. Teknik sampel yang digunakan proposional random sampling Variabel independen penelitian ini permainan origami dan variable dependen perkembangan pada anak. Pengumpulan data menggunakan KPSP (Kuesioner Perilaku Anak Pra Sekolah). Pengolahan data menggunakan editing,coding, skoring, tabulating. Analisis mengggunakan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 43 responden hampir dari setengahnya responden perkembangan pada anak sebelum diberikan permainan origami adalah penyimpangan 48,8% sebanyak 21 anak dan setengah responden perkembangan pada anak sesudah diberikan permainan origami adalah meragukan 53,5% sebanyak 23 anak. Berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan hasil ρ= 0,001 < α = 0,005 , sehingga H1 diterima yang artinya ada pengaruh permainan origami terhadap perkembangan pada anak di TK RA Perwarida di Desa Perak Kabupaten Jombang.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh permainan origami terhadap perkembangan pada anak di TK RA Perwarida di Desa Perak Kabupaten Jombang.
Kata kunci : Permainan origami, Perkembangan, Anak
Tidak tersedia versi lain