Text
Pengaruh Peer Education (Pendidikan Sebaya) Terhadap Kecemasan Pra-Menstruasi Pada Remaja Putri Kelas VII dan VIII
Masa remaja yang mengalami gejala menstruasi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan mengalami perubahan emosioanal, gejala ini muncul sebelum menstruasi disebut dengan premenstrual syndrome. Gejala yang sering muncul yaitu mudah menangis, mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi dan kecemasan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh peer education terhadap kecemasan pra-menstruasi pada remaja putri kelas VII dan VIII di SMPN 2 Jogoroto Kabupaten Jombang. Desain dari penelitian ini pra eksperimental dengan one group pre-post test design. Populasinya adalah Semua remaja putri kelas VII dan VIII di SMPN 2 Jogoroto yang sudah menstruasi dengan jumlah 109 siswi. Tehnik yang digunakan proportional random samping dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswi. Variabel independent peer education dan variabel dependent kecemasan pra-menstruasi. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan uji statistiknya menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan pre-menstrual syndrome sebelum diberikan pendidikan kesehatan peer education adalah hampir seluruhnya mengalami cemas berat yaitu sebanyak 50 (96,2%) responden. Tingkat kecemasan sesudah diberikan pendidikan kesehatan peer education adalah hampir seluruhnya mengalami cemas ringan yaitu sebanyak 48 (92,3%) responden. Berdasarkan uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai signifikansi p = 0,003 < α (0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan ada pengaruh peer education terhadap kecemasan pra-menstruasi pada remaja putri kelas VII dan VIII di SMPN 2 Jogoroto Kabupaten Jombang.
Kata kunci : kecemasan Pre-menstrual syndrome, peer education
Tidak tersedia versi lain