Text
PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA PRA SEKOLAH
Pendahuluan: Daya ingat merupakan kemampuan mengingat, bisa menerima, menyimpan, dan menimbulkan kembali pengalaman yang dialaminya, jika hanya diberi sedikit petunjuk maka akan menghadapi kesulitan untuk menerima atau menyimpan informasi dalam jangka waktu panjang. Tujuan: Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media mind mapping terhadap daya ingat anak usia prasekolah. Metode penelitian: Desain dalam penelitian ini yaitu pre eksperimen dengan jenis kuantitatif menggunakan pendekatan one group pre-post test design, dengan variabel independent mind mappind dan variabel dependent daya ingat. Populasi pada penelitian ini seluruh kls b berjumlah 40 anak, dengan jumlah sampel sebesar 37 anak dengan teknik sampel probability sampling dengan jenis simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan SOP dan lembar observasi dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian: Menunjukan seluruhnya daya ingat anak sebelum diberi mind mapping hampir seluruhnya daya ingat cukup sebanyak 36 responden (97,3%), dan setelah diberi mind mapping daya ingat anak seluruhnya baik sebanyak 37 responden (100%). Hasil penelitian: Menunjukan bahwa nilai =0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai alpha (0,05) maka H_1 diterima. Kesimpulan ada pengaruh media mind mapping terhadap daya ingat anak usia pra sekolah di TK Muslimat 6 Tarbiyatul Atfhal Kabupaten Jombang. Saran: Diharapkan kepada guru Tk dapat menerapkan media mind mapping sebagai salah satu alternative media pembelajaran untuk meningkatkan daya ingat anak.
Kata kunci : Media mind mapping, daya ingat, pra sekolah
Tidak tersedia versi lain