Text
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK RETARDASI MENTAL (Studi di Sekolah Luar Biasa Negeri Jombang)
Pendahuluan: Pola asuh orang tua merupakan salah satu factor yang mempengaruhi kemampuan anak dalam bersosialisasi. Kemampuan sosialisasi merupakan hal yang penting dalam membentuk prilaku anak bagaimana anak berkomunikasi, berperilaku dan bersikap kepada orang – orang di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental di SLB Negeri Jombang. Metode: Desain penelitian ini menggunakan “Analitik Cross Sectional”. Sampel penelitian ini adalah semua orang tua dan anak di SLB Negeri Jombang sejumlah 29 responden. Populasi pada penelitian ini berjumlah 31 responden dan teknik samplingnya Simple Random Sampling, Variabel independent pola asuh orang tua dan variable dependent kemampuan sosialisasi anak retardasi mental, data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner kepada orang tua dan observasi pada anak retardasi mental, cara menganalisanya menggunakan “Uji Spearman Rank” dengan tingkat signifikasi ρ ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukan dari 29 responden sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis sejumlah 20 orang dengan persetase 69%. Dan anak yang aktif bersosialisasi sejumlah 20 anak dengan persentase 69%. Hasil uji statistic didapatkan tingkat signifikasinya adalah ρ ≤ α (0,00 ≤ 0,05). Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan: ada hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental di Sekolah Luar Biasa Negeri Jombang. Saran: bagi orang tua orang tua perlu lebih banyak menggali informasi tentang pola asuh yang tepat untuk diterapkan kepada anak.
Kata kunci : pola asuh orang tua, kemampuan sosialisasi, retardasi mental
Tidak tersedia versi lain