Text
PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUANSOSIALISASI ANAK PRA SEKOLAH
PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK PRASEKOLAH
(Studi di TK Tunas Abadi II Besah Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro)
Desi Ade Stia
STIKES ICMeJombang
Deadestia26@gmail.com
ABSTRAK
Keterbatasan kemampuan sosialisasi pada anak usia prasekolah merupakan hambatan yang paling umum saat anak memasuki TK. Sosialisasi dipengaruhi oleh jenis kelamin dan pendidikan ibu. Kemampuan sosialisasi dapat dilatih dengan berbagai macam metode pembelajaran baik dari keluarga atau dari sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan sosialisasi anak prasekolah di TK Tunas Abadi II Besah Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro.
Desain penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan one group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalalah anak prasekolah di TK Tunas Abadi II Besah sebanyak 31 anak dan sampel sebanyak 21 anak. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Variabel independen penelitian ini metode bermain peran dan variabel dependen kemampuan sosialisasi anak prasekolah. Pengumpulan data menggunakan observasi. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, tabulating. Analisis menggunakan uji Wilcoxon dengan α=5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 21 responden sebagian responden sebelum diberikan metode bermain peran memiliki kemampuan sosialisasi kurang sebesar 71,4% atau 15 anak dan setelah diberikan metode bermain peran sebagian besar responden memiliki kemampuan sosialisasi baik sebesar 57,1% atau 12 anak. Berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan hasil ρ= 0,000 < α= 0,05 sehingga H1 diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan sosialisasi anak prasekolah di TK Tunas Abadi II Besah Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro.
Kata kunci : Bermain peran, Kemampuan sosialisasi, Anak prasekolah
Tidak tersedia versi lain