CD-ROM
HUBUNGAN LAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP (STUDI DI RUANG TULIP DAN DAHLIA RSU ARAFAH ANWAR MEDIKA SUKODONO)
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah pelayanan keperawatan. Ada 5 indikator untuk mengukur pelayanan keperawatan, termasuk perhatian, penerimaan, komunikasi, kerjasama, dan tanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien rawat inap di Ruang Tulip dan Dahlia Rumah Sakit Umum Arafah Anwar Medika Sukodono
Jenis penelitian ini adalah survey eksplanatory dengan pendekatan cross sectional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Jumlah sampelnya adalah 30. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji korelasi Spearman dengan program SPSS 15.0.
Uji korelasi menunjukkan hasil yang kuat antara hubungan antara layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSU Arafah Anwar Medika Sukodono. Nilai r sebesar 0,821 nilai p sebesar 0,000 < α 0,05 maka artinya ada hubungan yang signifikan antara layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien.
Kesimpulan dari penelitian ini adanya hubungan layanan keperawatan (aspek perhatian, aspek penerimaan, aspek komunikasi, aspek kerjasama, dan aspek tanggung jawab) dengan kepuasan pasien rawat inap di Ruang Tulip dan Dahlia Rumah Sakit Umum Arafah Anwar Medika Sukodono. Saran yang dapat diberikan yaitu meningkatkan layanan keperawatan di intalansi rawat inap, melakukan survei kepuasan pasien secara berkala dan berkesinambungan
Kata Kunci : Layanan Keperawatan, Rawat Inap, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit
Tidak tersedia versi lain