CD-ROM
Hubungan Peran Kelompok Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Anak Sekolah Dasar
Pendahuluan: Anak usia sekolah sangat mempunyai kerentanan dalam bullying. Masa itu anak mulai keluar dari lingkungan keluarga dan mulai berinteraksi dengan lingkungan sosial yaitu teman sebaya. Salah satu faktor yang mempengaruhi bullying adalah kelompok teman sebaya. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan peran kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying pada anak sekolah dasar bersumber dari studi empiris dalam lima tahun terakhir. Desain: Literature review. Sumber data: Pencarian artikel menggunakan database ProQuest, ScienceDirect dan Google Scholar untuk mengambil artikel yang relevan diterbitkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia antara Juli 2016 sampai Januari 2020. Metode: Strategi pencarian artikel menggunakan PICOS framework dengan keyword yang disesuaikan dengan topik penulisan. Artikel yang dipilih lima tahun terakhir dan berdasarkan judul yang sesuai, peninjauan abstrak atau teks lengkap sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi sebelum di masukkan dan dilakukan review. Hasil: Sebanyak 10 artikel yang dimasukkan dalam penulisan ini. Semua artikel mengenai kelompok teman sebaya, menyatakan bahwa teman sebaya yang bersifat negatif akan menyebabkan perilaku bullying dan dukungan teman sebaya yang rendah dapat menyebabkan bullying verbal, fisik dan relasional. Kesimpulan: Ada hubungan peran kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying pada anak sekolah dasar.
Kata kunci: kelompok teman sebaya, bullying.
Tidak tersedia versi lain