CD-ROM
HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA
Di Indonesia penggunaan gadget dikalangan mahasiswa berada diposisi tertinggi. Mahasiswa saat ini banyak menggunakan gadget pada saat proses perkuliahan. Hal ini membuat mahasiswa tidak dapat memusatkan perhatiannya pada materi pembelajaran.
Sumber data pencarian basis data elektronik komprehensif dilakukan di Pubmed, Perpusnas, Elsevier, PMC dan Google scholar dengan kriteria inklusi yaitu memakai jurnal internasional dan nasional terbitan 5 tahun terakhir yang berbahasa Inggris dan Indonesia dengan study design analitik correlational dan systematic/literature review serta menggunakan istilah dan kata kunci “Student OR Teenager” AND “Learning Concentration” AND “Gadget Addiction” sehingga menemukan 10 jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi.
Berdasarkan hasil literature review sebanyak 10 artikel yang terdiri dari 5 artikel jenis penggunaan gadget dan 5 artikel jenis tingkat konsentrasi belajar menyatakan bahwa mahasiswa menggunakan gadget untuk menggunakan fitur atau fungsi gadget itu sendiri, seperti game online dan internet. Hal inilah yang membuat mereka sibuk bermain gadget pada saat didalam kelas, mengantuk pada saat pembelajaran berlangsung, bahkan tidak jarang mereka dapat stress yang tinggi dari kecanduan tersebut. Dari akibat tersebut membuat mahasiswa tidak mampu berkonsentrasi pada pembelajaran yang sedang berlangsung.
Berdasarkan literature review dari 10 jurnal penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa adanya hubungan antara penggunaan gadget dengan tingkat konsentrasi belajar mahasiswa dimana gadget yang digunakan secara berlebihan dapat membuat mahasiswa menggunakan gadget secara bebas tak terkecuali pada saat pembelajaran didalam kelas. Hal inilah yang menyebabkan mahasiswa tidak mampu memusatkan pemikiran pada materi yang disampaikan.
Kata kunci: penggunaan gadget, konsentrasi belajar, mahasiswa
Tidak tersedia versi lain