CD-ROM
pengaruh biblioterapi media gambar terhadap perkembangan kognitif pada anak usia prasekolah
oleh sesuatu yang merusak perkembangan otak sebelum kelahiran sampai dengan masa kanak-kanak. Estimasi penduduk Indonesia sekitar 2,5 sampai 3% mengalami kognitif delay. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh biblioterapi media gambar terhadap perkembangan kognitif pada anak usia prasekolah di RT 02/ RW 11 Dsn. Jeni Desa Kepanjen Gumukmas Jember.
Design penelitian quasy eksperimendengan pendekatan one group pretest posttest. Populasi seluruhanak usia prasekolah yang orang tuanya memiliki gadget dengan jumlah 35 anak dan jumlah sampel sebanyak 10 anak yang diambil dengan menggunakan tehnik Probability Sampling. Instrumen penelitian biblioterapi menggunakan media gambar geometri dan pengukuran perkembangan kognitif menggunakan kuesioner.Pengolahan data Editing, Coding, Scoring dan Tabulating serta analisa data dengan Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian sebelum diberikan biblioterapi media gambar didapatkan hasil Belum berkembang (70%) dan Mulai berkembang (30%).Setelah dilakukan biblioterapi didapatkan Mulai berkembang (40%), Berkembang sesuai harapan (50%) dan Berkembang sangat baik (10%).Nilai uji statistic didapatkan hasil p=0,004 jika α = 0,05 maka p
Tidak tersedia versi lain