CD-ROM
Management Hand Hygiene Pada Anak Usia Pra Sekolah
Pendahuluan: hand hygiene merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit. Upaya dilakukan untuk menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan. Ini karena tangan adalah bagian tubuh yang terjebak di antara kuman dan patogen bergerak. Tujuan:, Menganalisis management hand hygiene pada anak usia pra sekolah berdasarkan study empiris lima tahun terakhir. Desain: Literature Review, Sumber data: Pencarian menggunakan database Porquest, PubMed Central, Google Scholar, artikel dengan topik yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dari tahun 2015-2020. Review Metode: Pencarian artikel menggunakan PICOS dengan keyword yang sesuai dengan penulisan. Artikel dipilih dengan seleksi jurnal, seleksi abstrak dengan kriteria inklusi, ekslusi sehingga ditemukan jurnal yang dapat di review. Hasil: Literature review dari 10 artikel yang sudah terpilih lalu dikategorikan menjadi 5 karakteristik Management . Terdiri dari 2 artikel tentang media video dan bernyanyi (setiawan dkk., 2017), (Rismawati dkk,.2016), 1 artikel tentang media puzzel (Dwi dkk,. 2019), 1 artikel tentang artikel media audiovisual (Ruby dkk,. 2016), 3 artikel tentang singgging method (Idayanti dkk., 2018), (Suhartini dkk., 2019), (Christin dkk., 2016\) dan 3 artikel tentang cerita bergambar (storytelling) (Ratnasari dkk,. 2018) (Perdani dkk., 2018) (Ahmad dkk., 2017). Karakteristik tersebut menunjukkan penting bagi management hand hygiene. Kesimpulan: Secara keseluruhan adanya karakteristik management hand hygiene menunjukkan hampir dari setengahnya kebanyakan menggunakan media bernyanyi dan cerita bergambar, dan sebagian kecil dari pemberian media puzzle jarang di berikan pada anak untuk meningkatkan hand hygiene. Bagi peneliti selanjutnya, Saran : diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi yang terkait dengan sarana pendidikan agar hasil penelitian literature jurnal lebih baik dan lebih lengkap lagi.
Tidak tersedia versi lain