Text
PENGARUH BIBLIOTHERAPY TERHADAP KONSEP DIRI PADA ANAK USIA SEKOLAH (Di Panti Asuhan Al-Hasan Desa Watugaluh Diwek Jombang)
Konsep diri memiliki peranan penting dalam menentukan perilaku dan kepribadian anak. Konsep diri yang buruk pada anak jika tidak diatasi akan mempengaruhi proses perkembangan anak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh biblioterapi terhadap konsep diri pada anak usia sekolah di Panti Asuhan AL-Hasan Desa Watugaluh Diwek Jombang
Desain penelitian ini adalah pre eksperimental dengan pendekatan one group pre-post test disign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia sekolah sebanyak 40 responden dengan jumlah sampel sebesar 36 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan simple random sampling. Variabel independent yaitu Biblioterapi dan Variabel dependent yaitu Konsep Diri. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan kuesioner Rabson Self-Concepts Scale. Pengolahan data dengan editing, coding, scoring, tabulating dan analisis data menggunakan wilcoxon test dengan tingkat kesalahan 0,05.
Hasil penelitian sebelum dilakukan biblioterapi sebagian besar negativ sejumlah 27 anak (69,5%) dan setelah diberi biblioterapi adalah hampir seluruhnya positive sejumlah 31 anak (86,1%). Hasil analisis menggunakan uji wilcoxon menunjukkan p value sebesar 0,000 adalah lebih kecil dari alpha 0,05, maka H1 diterima
Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh biblioterapi terhadap konsep diri pada anak usia sekolah di Panti Al-Hasan Desa Watugaluh Diwek Jombang.
Tidak tersedia versi lain