Text
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN IMUNISASI DENGAN TINGKAT KEPUASAN IBU BAYI DI DESA KEPOH KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO
Pendahuluan : Upaya preventif merupakan salah satu strategi dalam program kesehatan untuk mencapai derajad kesehatan masyarakat seoptimal mungkin. Salah satu upaya preventif tersebut melalui pemberian imunisasi untuk menurunkan angka kesakitan, kecacatan dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan imunisasi dengan tingkat kepuasan ibu bayi di Desa Kepoh Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Metode penelitian : Jenis penelitian ini korelasional dengan metode cross sectional. Variabel penelitiannya adalah kualitas variabel bebas dan kepuasan. Populasi semua ibu bayi di Desa Kepoh Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro sebanyak 178 ibu dengan menggunakan simple random sampling maka besar sampel sebanyak 65 ibu yang memiliki bayi. Uji statistik yang digunakan adalah Spearman rho. Hasil penelitian : Penelitian ini dilakukan pada 65 responden dengan hasil yaitu 30 ibu (46,2%) menyatakan kurang berkualitas, 19 ibu (29,2%) menyatakan cukup berkualitas dan 16 ibu (24,6%) menyatakan berkualitas. Dan hampir setengahnya yaitu 25 ibu bayi (35,7%) tidak puas, 23 ibu bayi (35,4%) sangat puas, dan 17 ibu bayi (26,2%) puas.. Analisis hubungan kedua variabel tersebut mendapatkan p value < α = 0,000 < 0,05 bermakna H1 diterima, yang berarti ada hubungan kualitas pelayanan imunisasi dengan tingkat kepuasan ibu bayi di Desa Kepoh Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah semakin berkualitas maka semakin puas.. Kesimpulan : Saran agar profesi kebidanan lebih mengintensifkan seminar demi meningkatkannya kemampuan bidan sehingga bidan dapat meningkatkan kualitas
Kata kunci: Kualitas, kepuasan, imunisasi
Tidak tersedia versi lain