Text
Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Proses Belajar Di Era Pandemi Covid-19
Proses belajar anak-anak sekarang harus dilakukan pendampingan oleh
orang tua masing-masing karena belajar secara online. Tujuan penelitian ini
adalah mengidentifikasi peran orang tua terhadap anak dalam proses belajar di
era pandemi Covid-19.
Metode dalam pencarian sumber data artikel dilakukan melalui database
Google Schoolar, Science Direct dan PubMed (2017-2021) untuk mengambil
artikel yang relevan dan diterbitkan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
serta menggunakan istilah dan kata kunci ―the role of parents, learning process,
COVID-19‖ sehingga menemukan 10 jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi.
Study design 60% menggunakan deskriptif kualitatif, comparation dalam tidak
ada pembanding, beberapa jurnal terdapat adanya perubahan dalam proses belajar
anak selama masa pandemi dan setelah kejadian pandemi covid-19 melalui
pendampingan peran orang tua.
Hasil literature review dari 10 jurnal adalah beberapa peran orang tua yaitu
3 peran orang tua sebagai pendidik, 2 peran orang tua sebagai motivator, 1 peran
orang tua sebagai teman, 4 orang tua sebagai pendukung dan pendamping.
Kesimpulan literature review dari 10 jurnal penelitian adalah orang tua
dalam masa pandemi covid-19 mempunyai peran penting yang harus dilaksanakan
terhadap anak dalam proses belajar orang tua mempunyai peran yaitu sebagai
pendidik, orang tua berperan sebagai motivator, orang tua mempunyai peran
sebagai teman, orang tua berperan sebagai pendamping dan pendukung.
Tidak tersedia versi lain