Text
Pengetahuan Pada Remaja Tentang HIV yang Diberi Metode Peer Education
Pendahuluan: pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS saat ini masih rendah, pengetahuan remaja yang rendah beresiko terjadinya benyebaran HIV/AIDS, upaya untuk meningkatkan pengetahuan dapat diberikan pendidikan kesehatan pada remaja tentang HIV melalui metode peer education.
Tujuan literature review: mengidentifikasi pengetahuan remaja tentang HIV yang diberi peer education.
Metode: Literature Review, melalui hasil pencarian dari ProQuest (2017-2021), Perpusnas (2017-2021), Spinger Link (2017-2021), dan Google Scholar (2017-2021). Pencarian artikel menggunakan PICOS yang dipilih sesuai dengan masalah pengetahuan remaja tentang HIV, intervensi menggunakan peer education, tidak ada pembanding, hasil yang dicari adanya peningkatan pada pengetahuan remaja tentang HIV, menggunakan desain Quasi-eksperiment dan Pre-eksperiment dengan keyword, peer education, HIV/AIDS, pengetahuan, remaja.
Hasil: Literature review dari 10 artikel, 7 artikel diantaranya yaitu pengetahuan remaja tentang HIV yang diberi peer education sebagaian besar meningkat sebanyak 60%, dari yang awalnya hanya 10% menjadi 70 % menjadi lebih baik dengan tingkat pengetahuan ≥75%, sisanya tiga artikel tidak mengalami perubahan yang signifikan dari yang berpengetahuan cukup menjadi cukup dengan tingkat pengetahuan 56-74%.
Kesimpulan: Pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS yang diberi peer education yang menggunakan 4 sesi dengan durasi 2 jam sebagian besar baik meningkatkan pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS.
Kata kunci: pengetahuan, remaja, HIV/AIDS, peer education
Tidak tersedia versi lain