Text
Manajemen Stress Saat Pembelajaran Daring Selama Covid - 19
Pendahuluan : Pembelajaran daring yang diselenggarakan selama pandemi
Covid-19 sering menimbulkan berbagai masalah, hal ini menjadi pemicu timbulnya stress
pada mahasiswa, jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan masalah psikologis lain
yang lebih serius seperti depresi. Tujuannya yaitu untuk mengidentifikasi manajemen stress
saat pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Bahan dan Metode : Strategi
pencarian literature menggunakan population/problem, intervention, comparation,
outcame, study design dan keyword yang sesuai dengan topik penelitian dengan
menggunakan metode Literature Review : Sumber data : Pencarian database yang
dilakukan di Science Direct, ERIC, PubMed dan Google Scholar, diterbitkan dalam Bahasa
Indonesia dan Bahasa Inggris antara tahun 2020-2021. Hasil : Hasil review yang diperoleh
yaitu mahasiswa yang mengalami stress saat pembelajaran daring melakukan manajemen
stress dengan menggunakan emotional focused coping dan problem focused coping. Hasil
Analisa di dapatkan hampir seluruh mahasiswa melakukan strategi koping dengan baik.
Kesimpulan : Manajemen stress yang dilakukan mahhasiswa yaitu emotional focused
coping dan Problem focused coping.
Kata kunci : manajemen stress, pembelajaran daring, pandemi Covid -19
Tidak tersedia versi lain