Text
KESIAPAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ERA PANDEMI COVID-19
Pendahuluan: pembelajaran daring yang diterapkan dari rumah membutuhkan waktu untuk beradaptasi terhadap perubahan baru yang dapat mempengaruhi daya serap belajar anak. Dibutuhkan kesiapan orang tua untuk meluangkan waktu dan mendampingi anak selama belajar daring di rumah. Tujuan : Menganalisis kesiapan orang tua terhadap pembelajaran daring pada anak Sekolah Dasar di era Pandemi Covid- 19 berdasarkan studi empiris 2 tahun terakhir. Desain : Literature Review. Sumber data : pencarian artikel dilakukan melalui database Pubmed (2020-2021), ProQuest (2020-2021), Reseach Gate (2020-2021) dan Google Scholar (2020-2021). Metode : Strategi pencarian artikel menggunakan framework PICOST. Artikel dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil : dari 10 artikel terpilih dikategorikan sesuai dengan karakteristik. 5 artikel tentang Pedampingan orang tua dalam pembelajaran daring di era pandemi covid-19, 3 artikel tentang fasilitas pembelajaran daring dan pendampingan orang tua, dan 1 artikel tentang dukungan orang tua dalam pembelajaran daring. Kesimpulan : Orang tua siap dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring, memberikan fasilitas pembelajaran dan memberikan dukungan selama pembelajaran daring.
Kata kunci : kesiapan orang tua, pembelajaran daring, covid-19
Tidak tersedia versi lain