Text
HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN GANGGUAN EMOSIONAL ANAK SEKOLAH DASAR (DI SD NEGERI TANJUNGWADUNG KABUPATEN JOMBANG)
Kecanduan game online dikalangan anak sekolah dasar merupakan salah satu
permasalahan yang sering dialami. Game online sudah menjadi fenomena pada saat ini.
Gangguan emosional merupakan suatu keadaan yang terangsang dari organisme yang
mencakup perubahan-perubahan yang didasari serta mendalami sifatnya dari perubahan
prilaku. Tujuan Penelitian menganalisis hubungan kecanduan bermain game online
dengan gangguan emosioanal anak sekolah dasar di SD Negeri Tanjungwadung
Kabupaten Jombang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross
sectional. Populasinya seluruh siswa SD Negeri Tanjungwadung Kabupaten Jombang
sejumlah 148 siswa. Sampelnya sejumlah 60 siswa dengan cara menggunakan rumus
solvin dan teknik samplingnya menggunakan proporsional random sampling. Variabel
independent yaitu kecanduan bermain game online dan variabel dependent yaitu
gangguan emosional, untuk alat ukurnya menggunakan kuesioner. Pengolahan data
editting, coding, scoring, dan tabulating, analisa data dengan uji rank spearman dengan
tingkat signifikansi ɑ = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 60 responden hampir seluruhnya
mengalami kecanduan bermain game online sebanyak 53 siswa (88,3%) dan hampir
seluruhnya responden memiliki gangguan emosional sebanyak 57 siswa (95,0%). Nilai p
= 0,000 < ɑ = 0,05 yang berarti H1 diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada
hubungan kecanduan bermain game online dengan gangguan emosional anak sekolah
dasar.
Kata kunci : game online, gangguan emosional, anak SD.
Tidak tersedia versi lain