Text
PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) AKIBAT PENGGUNAAN GADGET
Anak usia prasekolah dapat mengalami gangguan perkembangan sosial emosional seperti sulit berinteraksi dengan orang lain serta bersikap agresif dikarenakan penggunaan gadget selama satu sampai dua jam bahkan lebih untuk menonton video atau bermain game. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui gangguan perkembangan sosial dan emosional pada anak usia prasekolah akibat penggunaan gadget berdasarkan studi empiris lima tahun terakhir. Studi literature review database crossref, google scholar, proQuest, PubMed, Eric,IOP Science (2018-2022) artikel bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Populasi artikel perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah (3-6 tahun) akibat penggunaan gadget. Ditemukan gangguan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah seperti sulit berinteraksi dan bersikap agresif. Adanya gangguan pada perkembangan sosial dan emosional pada anak usia prasekolah akibat gadget. Diharapkan orang tua dapat memberikan batasan terhadap penggunaan gadget, mengawasi konten yang diakses oleh anak dan mengarahkan anak pada penggunaan gadget untuk meningkatkan kompetensi anak.
Kata kunci : perkembangan sosial emosional, anak, gadget
Tidak tersedia versi lain