Text
ASPEK PSIKOLOGIS ANAK USIA SEKOLAH TERDAMPAK PANDEMI COVID-19
Pendahuluan: Salah satu sektor yang mengalami akibat dari pandemi ini
ialah zona persekolahan, banyak negara telah bertekad buat mengubah bangku
pembelajaran dari Pendidikan fase anak awal ke pendidikan yang lebih baik, guna
memutus mata rantai penularan virus covid-19, serta proses pembelajaran
dilaksanakan sistem online sebagai upaya menghindari aktivitas tatap muka. Tujuan
penelitian ini untuk mengidentifikasi aspek psikologis anak usia sekolah terdampak
pandemi covid-19 berdasarkan studi literature dalam empat tahun terakhir.
Metode: Studi literature review database Google Scholar, PubMed, Researchgate
(2019-2022) artikel bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Populasi artikel dengan
topik aspek psikologis anak usia sekolah terdampak pandemi covid-19, tidak ada
intervensi, tidak ada faktor pembanding. Outcome diketahuinya aspek psikologis
anak usia sekolah terdampak pandemi covid-19. Studi desain case study, cross
sectional, and studi komparasi. Hasil: Aspek psikologis anak usia sekolah
terdampak pandemi covid-19 ditemukan masalah pada perkembagan emosional,
kognitif, dan konatif. Kesimpulan: Respon psikologis anak yang di alami anak usia
sekolah terdampak pandemi covid-19 diantaranya respon emosional, respon
kognitif, dan respon konatif. Saran: diharapkan menerapkan metode pembelajaran
yang kreatif, efektif, dan inovatif agar meminimalisir rasa bosan yang dihadapi oleh
anak, serta memberikan suport dan dukungan sosial kepada anak untuk
meningkatkan kualitas hidup anak dimasa yang akan datang.
Kata kunci: Covid-19, Aspek Psikologis, and Anak
Tidak tersedia versi lain