Text
EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG PERTOLONGAN TERSEDAK PADA BALITA
Pendahuluan: Angka kejadian tersedak pada balita masih tergolong tinggi, salah satu penyebabnya adalah ketidaktahuan ibu untuk membantu saat terjadi tersedak. Bagi seorang ibu, memberikan pertolongan pertama pada anaknya merupakan hal yang wajib diketahui dan harus dilakukan, namun tidak semua ibu mampu dan kompeten untuk melakukan pertolongan pertama saat tersedak. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan ibu adalah dengan memberikan informasi melalui pendidikan kesehatan. Tujuan: Mengidentifikasi efektifitas pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang pertolongan tersedak pada balita. Desain: Literature Review, Pencarian database menggunakan Google Scholar, Science Direct, Pubmed tahun 2018-2022. Metode: Pencarian literature menggunakan PICOS (Population, Intervention, Comporation, Outcome, Study Desain) framefork dan keyword yang sesuai dengan topik penelitian. Artikel yang dipilih sesuai dengan judul, identifikasi abstrak serta kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil: Hasil review yang diperoleh pengetahuan ibu meningkat setelah pendidikan kesehatan dan 30 hari setelah pendidikan kesehatan. Kesimpulan: Berdasarkan literature review dari 5 jurnal yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan efektif terhadap pengetahuan ibu setelah dilakukan pendidikan kesehatan dan 30 hari setelah pendidikan kesehatan.
Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Pertolongan Tersedak
Tidak tersedia versi lain