Text
HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR
Dunia mengalami perkembangan teknologi begitu pesat salah satu fenomena sosial yang terjadi yaitu kecanduan game online, hal ini dapat berdampak negatif jika dilakukan oleh kalangan anak SD yang mengakibatkan penurunan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kecanduan game online dengan motivasi belajar anak sekolah dasar di SDN SEKARAN II Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas I-VI yang berjumlah 148 siswa dengan sampel berjumlah 60 siswa yang diperoleh dari menggunakan rumus solvin dan teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Variabel independent adalah kecanduan game online dan variabel dependent adalah motivasi belajar, dengan alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating, analisis data dengan uji rank spearman dengan tingkat signifikansi = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 60 responden setengahnya mengalami kecanduan sedang bermain game online sebanyak 24 siswa (40,0%) dan sebagian responden memiliki motivasi belajar sedang sebanyak 33 siswa (55,0%) nilai ρ = 0,000 < = 0,05 yang berarti H1 diterima. Kesimpulannya yaitu ada hubungan kecanduan bermain game online dengan motivasi belajar anak SD. Peneliti menyarankan kepada orang tua untuk lebih mengontrol dan membatasi anak ketika bermain game online saat dirumah.
Kata kunci : kecanduan game online, motivasi belajar, anak SD.
Tidak tersedia versi lain