Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR

Erni Susmiyanti - Nama Orang;

Dunia mengalami perkembangan teknologi begitu pesat salah satu fenomena sosial yang terjadi yaitu kecanduan game online, hal ini dapat berdampak negatif jika dilakukan oleh kalangan anak SD yang mengakibatkan penurunan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kecanduan game online dengan motivasi belajar anak sekolah dasar di SDN SEKARAN II Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas I-VI yang berjumlah 148 siswa dengan sampel berjumlah 60 siswa yang diperoleh dari menggunakan rumus solvin dan teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Variabel independent adalah kecanduan game online dan variabel dependent adalah motivasi belajar, dengan alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating, analisis data dengan uji rank spearman dengan tingkat signifikansi  = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 60 responden setengahnya mengalami kecanduan sedang bermain game online sebanyak 24 siswa (40,0%) dan sebagian responden memiliki motivasi belajar sedang sebanyak 33 siswa (55,0%) nilai ρ = 0,000 <  = 0,05 yang berarti H1 diterima. Kesimpulannya yaitu ada hubungan kecanduan bermain game online dengan motivasi belajar anak SD. Peneliti menyarankan kepada orang tua untuk lebih mengontrol dan membatasi anak ketika bermain game online saat dirumah.

Kata kunci : kecanduan game online, motivasi belajar, anak SD.


Ketersediaan
#
My Library 613.8 Sus h
11096
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
613.8 Sus h
Penerbit
Jombang : ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang., 2023
Deskripsi Fisik
xviii, 80 h,ill ind, 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
600
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
GAME ONLINE
kecanduan
anak seolah dasar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN SEKARAN II KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN
    Pendahuluan : Dunia mengalami perkembangan teknologi begitu pesat salah satu fenomena sosial yang terjadi yaitu kecanduan game online, hal ini dapat berdampak negatif jika dilakukan oleh kalangan anak SD yang mengakibatkan penurunan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kecanduan game online dengan motivasi belajar anak sekolah dasar di SDN SEKARAN II Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas I-VI yang berjumlah 148 siswa dengan sampel berjumlah 60 siswa yang diperoleh dari menggunakan rumus solvin dan teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Variabel independent adalah kecanduan game online dan variabel dependent adalah motivasi belajar, dengan alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating, analisis data dengan uji rank spearman dengan tingkat signifikansi  = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 60 responden setengahnya mengalami kecanduan sedang bermain game online sebanyak 24 siswa (40,0%) dan sebagian responden memiliki motivasi belajar sedang sebanyak 33 siswa (55,0%) nilai ρ = 0,000 <  = 0,05 yang berarti H1 diterima. Kesimpulannya yaitu ada hubungan kecanduan bermain game online dengan motivasi belajar anak SD. Peneliti menyarankan kepada orang tua untuk lebih mengontrol dan membatasi anak ketika bermain game online saat dirumah. Kata kunci : kecanduan game online, motivasi belajar, anak SD.
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?