Text
PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP PENINGKATAN DAYA INGAT PADA ANAK USIA PRASEKOLAH
Pendahuluan: Rendahnya daya ingat anak dipengaruhi oleh faktor lingkungan sehingga dapat mengakibatkan prestasi anak menurun, dan menyebabkan rasa percaya diri anak rendah karena kalah bersaing dengan teman sebayanya.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh senam otak (brain gym) terhadap peningkatan daya ingat anak usia prasekolah di TK Miftahul Falah Desa Tokuh Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep). Metode: Penelitianinimenggunakanjenispenelitiankuantitatif. Desain penelitian menggunakan Pra-Eksperimen dengan rancangan penelitian one group pre-post test design untuk mengetahui pengaruh Senam Otak (Brain Gym) terhadap daya ingat pada anak usia prasekolah (usia 4-6 tahun). Populasidalampenelitianiniseluruh siswa kelas A dan B di Miftahul Falah dengan jumlah 45 siswa yang diambil menggunakan metodepropotional random sampling didapatkan sampelsejumlah31 Orang.Variabel independent adalah Senam Otak dan Variabel dependent adalah Daya ingatpada anak pra sekolah.PengumpulandatamenggunakanObservasi dengan sub tes daya ingat dari WPPSI Senam otak daya ingat. Pengolahan data meliputi editing, coding dan scoring.Analisa data menggunakan Wilcoxon.Hasil:hasil penelitian bahwa hampir dari setengahnya responden daya ingat pada anak usia prasekolah sebelum diberikan senam otak (Brain gym) dull Normal (dibawah rata-rata) sebesar 45,2%. dan hampir dari setengahnya responden daya ingat pada anak usia pra sekolah sesudah diberikan senam otak (brain gyn) adalah average (rata-rata) sebesar 48,4%. Dari uji statistikwilcoxon didapatkan nilai p = (0,00) < α = (0,05) maka H1 diterima ada pengaruh Senam otak terhadap daya ingat pada anak usia pra sekolah. Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini adalahada pengaruh Senam Otak terhadap daya ingat pada anak usia pra sekolah.
Katakunci:Senam otak,daya ingat, Anak usia pra sekolah.
Tidak tersedia versi lain