Text
HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Dipuskesmas Rawat Inap Batang-Batang)
Pendahuluan: Perawat yang memiliki kemampuan komunikasi terapeutik tidak hanya akan membangun hubungan kepercayaan dengan pasien, mencegah masalah hukum, membawa kepuasan kerja terhadap pelayanan keperawatan serta meningkatkan citra profesi keperawatan dan citra rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di PKM Rawat Inap Batang-Batang. Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien di PKM Rawat Inap Batang-Batang, sedangkan sampel penelitian ini adalah sebagian pasien yang dirawat di PKM Rawat Inap Batang-Batang sebanyak 55 orang. Tehnik sampling menggunakan probability sampling, with simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating, dan analisa data menggunakan uji spearman rank. Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik didapatkan (16,4%) baik berjumlah 9 responden, (49,1%) cukup berjumlah 27 pasien, (34,5%) kurang berjumlah 19 pasien. Tingkat kepuasan pasien didapatkan (1,8%) tinggi berjumlah 1 pasien, (34,5%) sedang berjumlah 20 pasien, (63,6%) rendah berjumlah 34 pasien. Hasil uji statistik rank spearman didapatkan nilai p value = 0,000 < α (0.05). Kesimpulan: Ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien dipuskesmas rawat inap batang-batang.
Kata kunci : komunikasi terapeutik perawat, kepuasan pasien.
Tidak tersedia versi lain