Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT 
DENGAN KEPUASAN PASIEN  

(Dipuskesmas Rawat Inap Batang-Batang)
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Dipuskesmas Rawat Inap Batang-Batang)

Efiyana - Nama Orang;

Pendahuluan: Perawat yang memiliki kemampuan komunikasi terapeutik tidak hanya akan membangun hubungan kepercayaan dengan pasien, mencegah masalah hukum, membawa kepuasan kerja terhadap pelayanan keperawatan serta meningkatkan citra profesi keperawatan dan citra rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di PKM Rawat Inap Batang-Batang. Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien di PKM Rawat Inap Batang-Batang, sedangkan sampel penelitian ini adalah sebagian pasien yang dirawat di PKM Rawat Inap Batang-Batang sebanyak 55 orang. Tehnik sampling menggunakan probability sampling, with simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating, dan analisa data menggunakan uji spearman rank. Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik didapatkan (16,4%) baik berjumlah 9 responden, (49,1%) cukup berjumlah 27 pasien, (34,5%) kurang berjumlah 19 pasien. Tingkat kepuasan pasien didapatkan (1,8%) tinggi berjumlah 1 pasien, (34,5%) sedang berjumlah 20 pasien, (63,6%) rendah berjumlah 34 pasien. Hasil uji statistik rank spearman didapatkan nilai p value = 0,000 < α (0.05). Kesimpulan: Ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien dipuskesmas rawat inap batang-batang.

Kata kunci : komunikasi terapeutik perawat, kepuasan pasien.


Ketersediaan
#
My Library 610.73 Efi h
11095
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
610.73 Efi h
Penerbit
Jombang : ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang., 2023
Deskripsi Fisik
xvii, 86 h.,ill ind.,30cm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
600
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KEPUASAN PASIEN
Perawat
Komunikasi terapeutik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Dipuskesmas Rawat Inap Batang-Batang)
    Pendahuluan: Perawat yang memiliki kemampuan komunikasi terapeutik tidak hanya akan membangun hubungan kepercayaan dengan pasien, mencegah masalah hukum, membawa kepuasan kerja terhadap pelayanan keperawatan serta meningkatkan citra profesi keperawatan dan citra rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di PKM Rawat Inap Batang-Batang. Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien di PKM Rawat Inap Batang-Batang, sedangkan sampel penelitian ini adalah sebagian pasien yang dirawat di PKM Rawat Inap Batang-Batang sebanyak 55 orang. Tehnik sampling menggunakan probability sampling, with simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating, dan analisa data menggunakan uji spearman rank. Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik didapatkan (16,4%) baik berjumlah 9 responden, (49,1%) cukup berjumlah 27 pasien, (34,5%) kurang berjumlah 19 pasien. Tingkat kepuasan pasien didapatkan (1,8%) tinggi berjumlah 1 pasien, (34,5%) sedang berjumlah 20 pasien, (63,6%) rendah berjumlah 34 pasien. Hasil uji statistik rank spearman didapatkan nilai p value = 0,000 < α (0.05). Kesimpulan: Ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien dipuskesmas rawat inap batang-batang. Kata kunci : komunikasi terapeutik perawat, kepuasan pasien.
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?