Text
HUBUNGAN PHUBBING SMOMBIE DENGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA (Di SMK PGRI 1 Kabupaten Jombang)
Pendahuluan: Kecerdasan emosional kini masih menjadi salah satu masalah yang paling mendesak untuk diatasi, terutama kemajuan teknologi merupakan faktor yang sangat mempengaruhi masalah kecerdasan emosional. Tujuan penelitian untuk mengatehui hubungan phubbing smombie dengan tingkat kecerdasan emosional remaja. Metode: Menggunakan semi kuantitatif non eksperimental. Desain penelitian korelasional pendekatan Cross-sectional. Populasi semua siswa kelas X SMK PGRI 1 Kabupaten Jombang sebanyak 220 siswa, dengan sampel 142 yang diambil menggunakan metode proporsional random sampling dan didapatkan 142 siswa diambil secara acak. Variabel independen phubbing smombie Variabel dependen kecerdasan emosional. Pengumpulan data menggunakan alat ukur kuesioner. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, tabulating dan analisis menggunakan uji statistic rank spearman. Hasil: Penelitian didapatkan hampir setengahnya responden dengan kategori phubbing smombie sangat berat sebanyak 67 siswa (47,2%) dan kategori ringan sebagian kecil sebanyak 19 siswa (13,4%). Dengan kecerdasan emosional sebagian besar baik sebanyak 74 siswa (52,1%) dan kategori cukup hampir setengahnya sebanyak 68 siswa (47,9). Berdasarkan hasil uji rank spearman menunjukkan bahwa nilai P-value = 0,004
Tidak tersedia versi lain