Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi di SMPN 1 Kabuh Jombang)
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi di SMPN 1 Kabuh Jombang)

Yanwar Dwi Saputra - Nama Orang;

Pendahuluan: Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari siswa, dan pemanfaatannya yang tepat dapat memberikan dampak positif bagi prestasi akademik mereka. Selain itu, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan dampak negatif dan berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimental, dengan menggunakan pendekatan Cross-Sectional dengan populasi sebanyak 96 siswa, sampel penelitian ini sebanyak 78 siswa. Teknik pengambilan sampling penelitian ini menggunakan rumus Slovin Proporsional Random Sampling. Variabel Independent: Penggunaan Media Sosial dan Variabel Dependent: Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan instrument kuesioner penggunaan media sosial dan dimodifikasi oleh peneliti dan telah diuji dan nyatakan valid dan reliabel. Analisa data penelitian ini menggunakan SPSS memakai uji analisis Spearman’s Rank. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa sebagaian besar siswa memiliki kategori penggunaan media sosial sedang sebanyak 44 siswa (56,4%). Diketahui bahwa responden hampir setengahnya siswa memiliki kategori prestasi belajar sangat baik sebanyak 46 siswa (57,7%). Berdasarkan hasil dari uji spearman rank dengan program SPSS didapatkan P-value = 0,038


Ketersediaan
#
My Library 370.15 Sap h
11325
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370.15 Sap h
Penerbit
Jombang : ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang., 2025
Deskripsi Fisik
xvi + 87 h.,ill ind., 27 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Media Sosial
Prestasi Belajar Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi di SMPN 1 Kabuh Jombang)
    Pendahuluan: Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari siswa, dan pemanfaatannya yang tepat dapat memberikan dampak positif bagi prestasi akademik mereka. Selain itu, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan dampak negatif dan berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimental, dengan menggunakan pendekatan Cross-Sectional dengan populasi sebanyak 96 siswa, sampel penelitian ini sebanyak 78 siswa. Teknik pengambilan sampling penelitian ini menggunakan rumus Slovin Proporsional Random Sampling. Variabel Independent: Penggunaan Media Sosial dan Variabel Dependent: Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan instrument kuesioner penggunaan media sosial dan dimodifikasi oleh peneliti dan telah diuji dan nyatakan valid dan reliabel. Analisa data penelitian ini menggunakan SPSS memakai uji analisis Spearman’s Rank. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa sebagaian besar siswa memiliki kategori penggunaan media sosial sedang sebanyak 44 siswa (56,4%). Diketahui bahwa responden hampir setengahnya siswa memiliki kategori prestasi belajar sangat baik sebanyak 46 siswa (57,7%). Berdasarkan hasil dari uji spearman rank dengan program SPSS didapatkan P-value = 0,038
    Other Resource Link
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?