Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA REMAJA (Studi Di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang)
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA REMAJA (Studi Di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang)

Diah Ayu Agustin - Nama Orang;

Pendahuluan: Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi fungsi kognitif, termasuk konsentrasi belajar, terutama pada remaja. Kurangnya konsentrasi belajar dapat berdampak pada prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar siswa kelas 11 akuntansi di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi dan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 11 akuntansi, dengan jumlah sampel 37 siswa yang diambil menggunakan teknik simpel random sampling. Variabel independen adalah kualitas tidur yang diukur menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), sedangkan variabel dependen adalah konsentrasi belajar yang diukur melalui kuesioner konsentrasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik rank spearman (a= 0,05). Hasil: Penelitian ini menunjukkan sebagian besar kualitas tidur buruk sejumlah 21 responden (56,8 %) dan sebagian besar yang mengalami konsentrasi belajar buruk 15 responden (40,5%). Analisis: Hasil analisis menggunakan uji statistik menggunakan Spearman Rank dengan nilai p = 0,00 p < a = 0,05 menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar dengan korelasi negatif yang lemah. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas tidur yang buruk dan rendahnya konsentrasi belajar pada remaja. Oleh karena itu, diperlukan edukasi mengenai pentingnya menjaga kualitas tidur melalui manajemen waktu yang baik. Sekolah juga diharapkan dapat mendukung siswa dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan melibatkan orang tua dalam pengelolaan waktu tidur siswa. Kata Kunci: Kualitas Tidur, Konsentrasi Belajar, Remaja.


Ketersediaan
#
My Library 370.15 Agu h
11332
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370.15 Agu h
Penerbit
Jombang : ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang., 2025
Deskripsi Fisik
xix + 114 h.,ill ind., 27 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
remaja
KUALITAS TIDUR
Konsentrasi Belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA REMAJA (Studi Di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang)
    Pendahuluan: Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi fungsi kognitif, termasuk konsentrasi belajar, terutama pada remaja. Kurangnya konsentrasi belajar dapat berdampak pada prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar siswa kelas 11 akuntansi di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi dan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 11 akuntansi, dengan jumlah sampel 37 siswa yang diambil menggunakan teknik simpel random sampling. Variabel independen adalah kualitas tidur yang diukur menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), sedangkan variabel dependen adalah konsentrasi belajar yang diukur melalui kuesioner konsentrasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik rank spearman (a= 0,05). Hasil: Penelitian ini menunjukkan sebagian besar kualitas tidur buruk sejumlah 21 responden (56,8 %) dan sebagian besar yang mengalami konsentrasi belajar buruk 15 responden (40,5%). Analisis: Hasil analisis menggunakan uji statistik menggunakan Spearman Rank dengan nilai p = 0,00 p < a = 0,05 menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar dengan korelasi negatif yang lemah. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas tidur yang buruk dan rendahnya konsentrasi belajar pada remaja. Oleh karena itu, diperlukan edukasi mengenai pentingnya menjaga kualitas tidur melalui manajemen waktu yang baik. Sekolah juga diharapkan dapat mendukung siswa dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan melibatkan orang tua dalam pengelolaan waktu tidur siswa. Kata Kunci: Kualitas Tidur, Konsentrasi Belajar, Remaja.
    Other Resource Link
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?