Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PERBEDAAN TINGKAT STRES SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL DAN HALF DAY SCHOOL (Di SMA N 1 PADANGAN dan MAN 3 BOJONEGORO
Kabupaten Bojonegoro)
Penanda Bagikan

Text

PERBEDAAN TINGKAT STRES SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL DAN HALF DAY SCHOOL (Di SMA N 1 PADANGAN dan MAN 3 BOJONEGORO Kabupaten Bojonegoro)

Siti Hafifah Nur Alisah - Nama Orang;

Pendahuluan: waktu belajar dapat berdampak pada tingkat stres siswa. Faktor yang mempengaruhi kondisi stres pada siswa adalah sistem pendidikan full day school dan half day school. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat stres pada siswa remaja di SMA N 1 Padangan dan siswa remaja di MAN 3 Bojonegoro, Kapubaten Bojonegoro. Metode: penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional, populasinya seluruh siswa kelas X11’1 SMAN 1 Padangan dan siswa kelas X11’1 MAN 3 Bojonegoro sebanyak 72 responden, sampel dipilih menggunakan teknik proportional random sampling yaitu sebanyak 62 responden, terdiri dari dua variabel yaitu independent full day school dan half day school, variabel dependen yaitu tingkat stres. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner PSS-10 untuk mengukur tingkat stres. Hasil: pada sistem full day school cenderung mengalami tingkat stres berat (51,6%), stres sedang (41,9%), stres ringan (51,6%) sedangkan siswa pada sistem half day school sebagian besar mengalami stres sedang (48,4%), stres ringan (45,2%), stres berat(6,5%). Hasil Uji statistik p = 0,000: α ≤ 0,05 maka diketahui H1 diterima. Kesimpulan: ada perbedaan tingkat stres siswa berdasarkan sistem pembelajaran full day school dengan half day school. Saran bagi siswa yaitu lebih bisa mengelola waktu dengan baik, membagi waktu, mengisi waktu luang dengan kegiatan positif dan belajar mengelola emosi. Kata Kunci: stres, full day, half day, siswa


Ketersediaan
#
My Library 152.4 Ali p
11402
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152.4 Ali p
Penerbit
Jombang : ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang., 2025
Deskripsi Fisik
xvii + 83 h.,ill ind., 27 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
STRES
full day
half day
siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PERBEDAAN TINGKAT STRES SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL DAN HALF DAY SCHOOL (Di SMA N 1 PADANGAN dan MAN 3 BOJONEGORO Kabupaten Bojonegoro)
    Pendahuluan: waktu belajar dapat berdampak pada tingkat stres siswa. Faktor yang mempengaruhi kondisi stres pada siswa adalah sistem pendidikan full day school dan half day school. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat stres pada siswa remaja di SMA N 1 Padangan dan siswa remaja di MAN 3 Bojonegoro, Kapubaten Bojonegoro. Metode: penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional, populasinya seluruh siswa kelas X11’1 SMAN 1 Padangan dan siswa kelas X11’1 MAN 3 Bojonegoro sebanyak 72 responden, sampel dipilih menggunakan teknik proportional random sampling yaitu sebanyak 62 responden, terdiri dari dua variabel yaitu independent full day school dan half day school, variabel dependen yaitu tingkat stres. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner PSS-10 untuk mengukur tingkat stres. Hasil: pada sistem full day school cenderung mengalami tingkat stres berat (51,6%), stres sedang (41,9%), stres ringan (51,6%) sedangkan siswa pada sistem half day school sebagian besar mengalami stres sedang (48,4%), stres ringan (45,2%), stres berat(6,5%). Hasil Uji statistik p = 0,000: α ≤ 0,05 maka diketahui H1 diterima. Kesimpulan: ada perbedaan tingkat stres siswa berdasarkan sistem pembelajaran full day school dengan half day school. Saran bagi siswa yaitu lebih bisa mengelola waktu dengan baik, membagi waktu, mengisi waktu luang dengan kegiatan positif dan belajar mengelola emosi. Kata Kunci: stres, full day, half day, siswa
    Other Resource Link
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?