Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PERILAKU KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Studi Di Sekolah Dasar Negeri 1 Tunggulrejo, Kabupaten Tuban)
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PERILAKU KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Studi Di Sekolah Dasar Negeri 1 Tunggulrejo, Kabupaten Tuban)

Stella Eka Sari - Nama Orang;

Pendahuluan: Masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dasar masih menjadi masalah utama karena kebiasaan perilaku dalam menjaga gigi dan mulut masih sering salah, seperti masih seringnya mengkonsumsi makanan yang tinggi gula serta cara menggosok gigi yang kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi video animasi terhadap perilaku kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dasar di SDN 1 Tunggulrejo Tuban. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan quasi�exsperimental one group pretest-posttest design. Populasi semua siswa-siswi kelas 1-6 SDN 1 Tunggulrejo sejumlah 66 orang, didapatkan sampel sejumlah 57 dengan metode Probability sampling dengan teknik propotional random sampling. Variabel independent adalah edukasi menggunakan video animasi Variabel dependent adalah perilaku kesehatan gigi dan mulut. Pengumpulan data menggunakan kuesioner perilaku kesehatan gigi dan mulut. Analisa data dengan editing, coding, scoring, dan tabulating, di uji menggunakan uji wilcoxon. Hasil: Hasil Penelitian menunjukkan sebelum diberikan edukasi video animasi perilaku kesehatan gigi dan mulut baik sebanyak (0%), cukup sebanyak 28 siswa (49,1%), dan perilaku kurang sebanyak 29 siswa (50,9%). Setelah diberikan edukasi video animasi perilaku baik sebanyak 54 siswa (94,7%), dan perilaku cukup sebanyak 3 siswa (5,3%), dan kurang (0%). Hasil uji statistik wilcoxon didapatkan nilai signifikan 0,000 atau


Ketersediaan
#
My Library 613.04 Sar p
11404
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
613.04 Sar p
Penerbit
Jombang : ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang., 2025
Deskripsi Fisik
xix + 111 h.,ill ind., 27 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
613
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Video Animasi
Kesehatan gigi dan mulut
Anak Sekolah Dasar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PERILAKU KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Studi Di Sekolah Dasar Negeri 1 Tunggulrejo, Kabupaten Tuban)
    Pendahuluan: Masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dasar masih menjadi masalah utama karena kebiasaan perilaku dalam menjaga gigi dan mulut masih sering salah, seperti masih seringnya mengkonsumsi makanan yang tinggi gula serta cara menggosok gigi yang kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi video animasi terhadap perilaku kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dasar di SDN 1 Tunggulrejo Tuban. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan quasi�exsperimental one group pretest-posttest design. Populasi semua siswa-siswi kelas 1-6 SDN 1 Tunggulrejo sejumlah 66 orang, didapatkan sampel sejumlah 57 dengan metode Probability sampling dengan teknik propotional random sampling. Variabel independent adalah edukasi menggunakan video animasi Variabel dependent adalah perilaku kesehatan gigi dan mulut. Pengumpulan data menggunakan kuesioner perilaku kesehatan gigi dan mulut. Analisa data dengan editing, coding, scoring, dan tabulating, di uji menggunakan uji wilcoxon. Hasil: Hasil Penelitian menunjukkan sebelum diberikan edukasi video animasi perilaku kesehatan gigi dan mulut baik sebanyak (0%), cukup sebanyak 28 siswa (49,1%), dan perilaku kurang sebanyak 29 siswa (50,9%). Setelah diberikan edukasi video animasi perilaku baik sebanyak 54 siswa (94,7%), dan perilaku cukup sebanyak 3 siswa (5,3%), dan kurang (0%). Hasil uji statistik wilcoxon didapatkan nilai signifikan 0,000 atau
    Other Resource Link
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?