Text
HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF VERBAL PADA REMAJA (Di MA Bustanul Ulum Desa Pakamban Daya Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep)
Pendahuluan: Kecanduan bermain game online dapat menjadi faktor timbulnya perilaku agresif verbal pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan bermain game online dengan perilaku agresif verbal pada remaja. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa yang bermain game online berjumlah 45 orang. Sampel berjumlah 40 orang dan diambil dengan simple random sampling. Kecanduan bermain game online adalah variabel independen dan diukur dengan kuesioner Game Addiction Scale (GAS-21), sedangkan perilaku agresif verbal adalah variabel dependen dan diukur dengan kuesioner Verbal Aggressiveness Scale (VAS). Pengolahan data dilakukan dengan editing, coding, scoring, tabulating dan analisis data menggunakan uji Spearman rank dengan α= 0,05. Hasil: hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki kecanduan bermain game online berat sebanyak 21 responden (52,5%) dan sebagian besar memiliki perilaku agresif verbal sedang sebanyak 28 responden (70%). Uji statistik Spearman rank didapatkan nilai p = 0,017 < α = 0,05, maka H₁ diterima. Kesimpulan: ada hubungan kecanduan bermain game online dengan perilaku agresif verbal pada remaja di MA Bustanul Ulum Desa Pakamban Daya Kec. Pragaan Kab. Sumenep. Diharapkan petugas kesehatan, guru dan orang tua bisa meningkatkan pengawasan dan pengendalian lebih maksimal terkait kenakalan remaja terutama perilaku agresif verbal. Kata kunci : Game online, Perilaku agresif verbal, Remaja
Tidak tersedia versi lain