Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH (Di TK Mardi Rahayu Desa Pulo Lor, Kec. Jombang, Kab. Jombang)
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH (Di TK Mardi Rahayu Desa Pulo Lor, Kec. Jombang, Kab. Jombang)

Kristika Fitri Endri Ani - Nama Orang;

Pendahuluan: Perkembangan kognitif anak prasekolah mengalami keterlambatan disebabkan oleh lingkungan yang kurang stimulatif anak-anak mungkin tumbuh di lingkungan yang kurang menyediakan rangsangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mind mapping terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah di TK Mardi Rahayu Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, kabupaten Jombang. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pre eksperimental one group prepost-test design. Populasi penelitian ini adalah semua anak yang ada di TK Mardi Rahayu Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang sebanyak 71 responden. Sampel penelitian ini adalah 42 responden menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel independent adalah mind mapping diukur dengan SOP, dan variabel dependent adalah perkembangan kognitif diukur dengar lembar observasi. Pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan analisis menggunakan uji statistik wilcoxon dengan alpha 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan intervensi hampir seluruhnya dikategorikan perkembangan kognitif belum berkembang yaitu sebanyak 36 responden (85,7%). Sesudah dilakukan intervensi menunjukkan bahwa hampir setengahnya dikategorikan perkembangan kognitif berkembang sesuai harapan yaitu sebanyak 18 responden (42,9%). Hasil uji wilcoxon didapatkan nilai p = 0,000 < = 0,05 artinya H1 diterima. Kesimpulan: Ada pengaruh mind mapping terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Diharapkan tenaga kesehatan dapat menerapkan mind mapping pada anak yang mengalami keterlambatan perkembangan kognitif sebagai intervensi untuk meningkatkan kognitif anak pada usia prasekolah. Kata kunci: mind mapping, perkembangan kognitif, anak usia prasekolah


Ketersediaan
#
My Library 612.65 Ani p
11416
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
612.65 Ani p
Penerbit
Jombang : ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang., 2025
Deskripsi Fisik
xviii + 99 h.,ill ind., 27 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
612
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
anak usia prasekolah
mind mapping
perkembangan kognitif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH (Di TK Mardi Rahayu Desa Pulo Lor, Kec. Jombang, Kab. Jombang)
    Pendahuluan: Perkembangan kognitif anak prasekolah mengalami keterlambatan disebabkan oleh lingkungan yang kurang stimulatif anak-anak mungkin tumbuh di lingkungan yang kurang menyediakan rangsangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mind mapping terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah di TK Mardi Rahayu Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, kabupaten Jombang. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pre eksperimental one group prepost-test design. Populasi penelitian ini adalah semua anak yang ada di TK Mardi Rahayu Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang sebanyak 71 responden. Sampel penelitian ini adalah 42 responden menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel independent adalah mind mapping diukur dengan SOP, dan variabel dependent adalah perkembangan kognitif diukur dengar lembar observasi. Pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan analisis menggunakan uji statistik wilcoxon dengan alpha 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan intervensi hampir seluruhnya dikategorikan perkembangan kognitif belum berkembang yaitu sebanyak 36 responden (85,7%). Sesudah dilakukan intervensi menunjukkan bahwa hampir setengahnya dikategorikan perkembangan kognitif berkembang sesuai harapan yaitu sebanyak 18 responden (42,9%). Hasil uji wilcoxon didapatkan nilai p = 0,000 < = 0,05 artinya H1 diterima. Kesimpulan: Ada pengaruh mind mapping terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Diharapkan tenaga kesehatan dapat menerapkan mind mapping pada anak yang mengalami keterlambatan perkembangan kognitif sebagai intervensi untuk meningkatkan kognitif anak pada usia prasekolah. Kata kunci: mind mapping, perkembangan kognitif, anak usia prasekolah
    Other Resource Link
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?