Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH (Di TK Bina Insani Candi Mulyo Jombang)
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH (Di TK Bina Insani Candi Mulyo Jombang)

Fitriani Loilatu - Nama Orang;

Pendahuluan: Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak dipengaruhi oleh, perasaan tentang diri mereka, perilaku, dan hubungan dengan orang lain melalui sikap dan perlakuan,sehingga berdampak pada pembentukan kebiasaan dan perkembangan sosial anak yang akan dibawa oleh anak seumur hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak prasekolah di TK Bina Insani Candi Mulyo Jombang.Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini semua ibu yang memiliki anak usia prasekolah sejumlah 44 orang. Sampel dalam penelitian ini sebagian orang tua dengan jumlah 40 orang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Variabel independen pola asuh orang tua dan variabel dependen kemampuan sosialisasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, tabulating dan analisis menggunakan uji statistik rank spearman dengan α = 0,05. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar memiliki pola asuh otoriter sebanyak 17 responden (42,5%), demokratis sebanyak 15 responden (37,5%), permisif sebanyak 8 responden (20,0%). dan memiliki kemampuan sosialisasi cukup sebanyak 20 responden (50,0%),kurang sebanyak 13 responden (32,5%), baik sebanyak 7 responden (17,5%). Hasil uji statistik rank spearman didapatkan nilai p = 0,001 < α = 0,05 maka H1 diterima. Kesimpulan: penelitian ini ada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak prasekolah(Di TK Bina Insani Candi Mulyo Jombang). Saran bagi orang tua diharapkan untuk memberikan pola asuh otoriter sehingga anak mempunyai kemampuan sosialisasi yang baik. Kata kunci : pola asuh, perkembangan sosial, anak.


Ketersediaan
#
My Library 612.65 Loi h
11434
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
612.65 Loi h
Penerbit
Jombang : ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang., 2025
Deskripsi Fisik
xviii + 97 h.,ill ind., 27 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
612
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
POLA ASUH
anak
PERKEMBANGAN SOSIAL
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH (Di TK Bina Insani Candi Mulyo Jombang)
    Pendahuluan: Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak dipengaruhi oleh, perasaan tentang diri mereka, perilaku, dan hubungan dengan orang lain melalui sikap dan perlakuan,sehingga berdampak pada pembentukan kebiasaan dan perkembangan sosial anak yang akan dibawa oleh anak seumur hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak prasekolah di TK Bina Insani Candi Mulyo Jombang.Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini semua ibu yang memiliki anak usia prasekolah sejumlah 44 orang. Sampel dalam penelitian ini sebagian orang tua dengan jumlah 40 orang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Variabel independen pola asuh orang tua dan variabel dependen kemampuan sosialisasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, tabulating dan analisis menggunakan uji statistik rank spearman dengan α = 0,05. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar memiliki pola asuh otoriter sebanyak 17 responden (42,5%), demokratis sebanyak 15 responden (37,5%), permisif sebanyak 8 responden (20,0%). dan memiliki kemampuan sosialisasi cukup sebanyak 20 responden (50,0%),kurang sebanyak 13 responden (32,5%), baik sebanyak 7 responden (17,5%). Hasil uji statistik rank spearman didapatkan nilai p = 0,001 < α = 0,05 maka H1 diterima. Kesimpulan: penelitian ini ada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak prasekolah(Di TK Bina Insani Candi Mulyo Jombang). Saran bagi orang tua diharapkan untuk memberikan pola asuh otoriter sehingga anak mempunyai kemampuan sosialisasi yang baik. Kata kunci : pola asuh, perkembangan sosial, anak.
    Other Resource Link
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?