Pendahuluan: Perawat yang memiliki kemampuan komunikasi terapeutik tidak hanya akan membangun hubungan kepercayaan dengan pasien, mencegah masalah hukum, membawa kepuasan kerja terhadap pelayanan keperawatan serta meningkatkan citra profesi keperawatan dan citra rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di PKM Rawat Inap…
Pendahuluan Pelayanan rawat inap sebagai salah satu jenis pelayanan dirumah sakit yang memerlukan aspek penilaian yang berkualitas dan pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan rumah sakit. Secara menyeluruh saling berhubungan,berjalan secara terpadu untuk memberikan pelayanan kepada pemakai jasa rumah sakit sehingga pelayanan keperawatan merupakan salah satu factor penentu…
Pelayanan kesehatan di lndonesia saat ini menuntut peningkatan mutu. Mutu pelayanan kesehatan sangat terkait dengan kepuasan. Konsumen yang puas akan jasa yang di terimanya akan cenderung menggunakan jasa pelayanan kesehatan dimasa yang akan datang. Tujuan Penelitan ini untuk mengidentifikasi hubungan kepuasan pasiendengan minat menggunakan jasa pelayanan kesehatan di RSU dr Wahidin Sudiro Huso…
HUBUNGAN SIKAP EMPATI PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP MERANTI RSUD SULTAN IMANUDDIN rnPANGKALAN BUNrn(studi di ruang rawat inap meranti RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kab. Kotawarigin Barat Prov. Kalimantan Tengah)rnrnZainudin Feri Arifianto* Christina T. Setiawan** Samsudin***rnrnABSTRAKrnrnKesehatan merupakan hal penting dan merupakan kebutuhan primer (pokok) b…
PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RUANG BP UMUMrn(Studi di Puskesmas Peterongan Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang)rnTahun 2016rnLinda Wahyu Sukma*Arif Wijaya**Erni Setiyorini***rnABSTRAKrnrnPeserta BPJS sering mengeluh terhadap pelayanan kesehatan di lingkungan pelayanan kesehatan, karena di sebabkan pelayanan yang k…
ABSTRAK Ketidakpuasan pasien lansia dengan tempat fasilitas kesehatan yang sering dikunjungi oleh pasien lanjut usia adalah Puskesmas. Dari hasil survey penelitian di Puskesmas mengungkapkan bahwa pelayanan yang diterima tidak memuaskan atau tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan seperti habisnya stok obat, dokter yang datang terlambat dan tenaga kesehatan yang kurang ramah. Dengan fakt…
The lack of quality of nursing care, the nurse do not perform minimum service standard in the set, rnSo that patient feel the service provided is not in accordance with costs incurred and the results rnreceived service. Minimum service standard in Indonesian hospital in 2013 based on the results of rna survey of community satisfaction index of 81% of the people are very are satisfied. Standard …