CD-ROM
HUBUNGAN PERILAKU BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERKEMBANGAN rnSOSIAL PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIIIrn(Studi di SMP N 5 Jombang)
Bermain adalah perilaku remaja pada kegiatan sukarela untuk bersenang-senang dan mencerminkanrnperkembangan fisik, intelektual, emosional dan sosial. Perilaku bermain game online yang tinggi akanrnberakibat buruk pada perkembangan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuirnhubungan perilaku bermain game online dengan perkembangan sosial pada siswa kelas VIII di SMPN rn5 Jombang. Desain penelitian mengunakan analitik cross sectional. Populasi dalam penelitian inirnadalah seluruh siswa SMPN 5 Jombang kelas VIII yang bermain game online sejumlah 150 siswa, rnteknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. rndidapatkan sampel 30 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perilaku bermain game rnonline dan variabel terikat adalah pengembangan sosial pada siswa kelas VIII SMPN 5 Jombang. rnPengambilan data dengan menggunakan kuesioner, Pengolahan data : editing, coding, scoring, rntabulating. Hubungan antara dua variabel diuji dengan uji spearman rank.Hasil penelitian rnmenunjukkan bahwa perilaku bermain game online siswa dengan kriteria tinggi sejumlah 17rnresponden (56,6%) sedang 10 responden (33,3%) rendah 3 responden (10,0%). perkembangan sosialrnkurang sejumlah 18 responden (60,0%) cukup 7 responden (23,3%) baik 5 responden (16,7%). Hasil rntabulasi silang, ada 15 responden (50,0%) memiliki perilaku bermain tinggi dengan perkembanganrnsosial kurang. Dari hasil SPSS menggunakan uji spearman rank di dapatkan nilai p = 0,00 lebih kecil rndari alpha (0,05) maka H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara perilaku bermain rngame online dengan perkembangan sosial pada siswa kelas VIII SMPN 5 Jombang.rnKata kunci : Perilaku Bermain, Pembangunan Sosial, siswa kelas VIII SMPN
Tidak tersedia versi lain