Text
HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG EMPATI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Study di Ruang Rawat Inap Puskesmas Jambesari, Kabupaten Bondowoso)
Pendahuluan: Persepsi pasien tentang empati perawat merupakan penilaian seseorang terhadap sikap dan komunikasi perawat. Sehingga perawat merupakan ujung tombak pelayanan terhadap pasien dan keluarganya di Rumah Sakit, karena frekuensi pertemuannya dengan pasien yang paling sering. Mengingat tugas perawat sangat penting, yaitu melaksanakan tugas pelayanan keperawatan maka upaya perbaikannyapun terutama untuk meningkatkan kepuasan pasien. Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional. Metode sampling yang digunakan adalah Consecutive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 48 responden di ruang rawat inap Puskesmas Jambesari kabupaten Bondowoso. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner. Setelah ditabulasi data yang ada dianalisis dengan menggunakan uji Spearman Rhank. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berpersepsi bahwa perawat di ruang rawat inap Puskesmas Jambesari kabupaten Bondowoso ramah yaitu 35 (72,92 %) responden dan sebagian besar responden di ruang rawat inap Puskesmas Jambesari kabupaten Bondowoso mempunyai perasaan puas yaitu 30 (62,50 %) responden. Kesimpulan: Sedangkan dari hasil pengujian statistic dengan menggunakan uji Spearman Rhank dengan α = 0,05 didapatkan nilai p = 0,001 < α = 0,05 sehingga secara statistik Ho ditolak H1 diterima yang artinya ada Hubungan Persepsi Pasien tentang Empati Perawat dengan Kepuasan Pasien di ruang rawat inap Puskesmas Jambesari kabupaten Bondowoso. Kata Kunci : Persepsi, Empati, Kepuasan, Pasien
Tidak tersedia versi lain